Dampak Implementasi Enterprise Resource Planning Dalam Meningkatkan Berbagi Informasi & Kualitas Informasi Terhadap Enterprise Performance Pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Timur

Richard Richard(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena penulis ingin membuktikan dampak implementasi Enterprise Resource Planning dalam meningkatkan kegiatan berbagi informasi dan peningkatan kualitas informasi yang berdampak pada peningkatan Enterprise Performance.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuesioner pada perusahaan – perusahaan manufaktur di daerah Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto. Pengelolaan data yang didapat menggunakan program Microsoft Excel 2010, dan SmartPLS Version 3.

            Hasil pengolahan data menunjukan bahwa Enterprise Resource Planning berpengaruh terhadap Berbagi Informasi dan Kualitas Informasi, Berbagi Informasi pada penelitian ini tidak berpengaruh pada Enterprise Performance sedangkan Kualitas Informasi berpengaruh pada Enterprise Performance.  

 

Kata Kunci:

Enterprise Resource Planning, Berbagi Informasi, Kualitas Informasi, Enterprise Performance.


Full Text:

PDF

References


Botta-Genoulaz, V., & Millet, P.-A. (2005). A classification for better use of ERP systems. Brady, J. A., Monk, E. F., & Wagner, B. J. (2001). Concepts in Enterprise Resource Planning. Course Technology.

Chen, F., Drezner, Z., Ryan, J., & Shimchi-Levi, D. (2000). Quantifiyng the bullwhip effect in a simple supply chain: the impact of forecasting, lead times, and information. Management Science.

Cushing, B. E., & Romney, M. B. (1994). Accounting information systems.

Davenport, T. (1998). Putting the enterprise into enterprise system. Harvard Business Review.

Davenport, T. (2000). Mission Critical: Recognizing the promise of Enterprise Systems.

Forslund, H., & Jonsson, P. (2007). The impac of forecast information quality on supply chain performance. Journal of Operation and Production Management.

Furtwengler, D. (2002). Penilaian Kinerja: Menguasai Keahlian yang anbda perlukan

dalam 10 menit. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, I. (2008). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grean, M., & Shaw, M. J. (2010). Supply Chain Integration through Information Sharing:

Channel Partnership betwen Wal-Mart and Procter & Gamble.

Hammer, M., & Champy


Refbacks

  • There are currently no refbacks.