Analisis Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kepuasan Siswa dengan Variabel Intervening Kompetensi Guru

Anang Sundoro(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam artikel ini dibahas pengaruh budaya sekolah terhadap kepuasan siswa, apakah kompetensi guru berpengaruh pada kepuasan siswa, apakah budaya sekolah berpengaruh pada kompetensi guru dengan obyek penelitian siswa SMP Kristen Petra 2 Surabaya. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 154 siswa. Teknik Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa, budaya sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru, kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa.

 

Kata Kunci: budaya sekolah, kompetensi guru, kepuasan siswa

 


Full Text:

PDF

References


Bland, K. D., (2012).“Relationship of collaborative school culture and school achievement”. Dissertation, Georgia Southern University

Budi, A., (2012). “Pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru matapelajaran chasis dan sistem pemindah tenaga terhadap kepuasan siswa kelas II Teknik Otomotif di SMK 45 Wonosari”. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Chatib, M. (2011). Gurunya Manusia (Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara). Penerbit Kaifa, Bandung.

Deal dan Peterson (2009). “Shaping School Culture: Pitfall, Paradoxes, and Promises”.

San Francisco: Josses-Bass.

Dickerson, M,S (2011). “Building a collaborative school culture using appreciative inquiry”. Journal of Art, Science&Commerce. Vol.-II, Issue-2

Epstein, J. L., Sanders, (2002). School, family, and community partnerships: Your handbook for action.

Fullan, M. & Hargreaves, A. (1996). What’s worth fighting for in your school? New York: Teachers College Press.

Ghozali, (2006). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Gruenet, S (2005).”Correlation of Collaborative school cultures with student achievement”. NASSP Bulletin, Vol 89 No 645.

Habibi, (2010). “Budaya Organisasi, Kompensasi, dan Kompetensi Pedagogik serta pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Prodi Ekonomi ”, FKIP-Universitas Panca Sakti Tegal

Herman, (2011). “Hubungan kompetensi dengan kinerja guru ekonomi SMA”, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar.

Hopkins, D, Ainscow, M., & West, M. (1994). School improvement in an era of change.

New York: Teachers College Press.

Hussain, Y. (2011). “Organization culture and employees’ satisfaction : A study in private sector of Pakistan comsats Institute of Information Technology”, Lahore Campus, Pakistan. Journal of Quality and Technology Management Volume VII, Issue II, December, 2011, Page 15 ‐ 36

Ilias dan Nor (2012). “Student satisfaction based on service quality in teachers’s Training Institute in Malaysia. A Retrospctive”. Academic Research International, Volume 2, No 3

Jumari, Yudana, Sunu (2013). “Pengaruh budaya organisasi,efikasi diri dan kepuasan kerja terhadap kinerja mengajar guru SMK negeri kecamatan Denpasar Selatan”, Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarja Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Koesoema, D (2009). Pendidik Karakter di Zaman Keblinger (Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter), Penulis PT. Grasindo – Jakarta

Koesmono, (2005). “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah Di Jawa Timur”, Fakultas Ekonomi, Universitas Katholik Widya Mandala, Surabaya.

Kotler, P. (1997). Dasar-dasar Pemasaran, Alih Bahasa Drs. Alexander Sindoro, Prenhalindo, Jakarta

Kumar, (2010). “A study on group differencies in the relationship between organizational climate perception and teaching competence of primary school teachers”, Pondicherry University, Puducherry, India.

Marquis, L.B, & Huston J,C. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Teori & Aplikasi. Jakarta: EGC.

Prasetyaningrum, I, D. (2009). “Analisis pengaruh pembelajaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa”, Tesis Universitas Diponegoro, Semarang.

Ramli, (2013). “Pengaruh budaya sekolah terhadap kompetensi produktif peserta didik SMK Negeri Sumatra Barat”, FT Universitas Negeri Padang.

Robbins, S.(1996). Perilaku Organisasi – Kontroversi – Aplikasi. Jilid II. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prehallindo

Sabri, Ilyas, Amjad (2011). “Organizational Culture and Its Impact on the Job Satisfaction of the University Teachers of Lahore “.

Sahyar, (2010). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Proses Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Selvi, K, (2010). “Teacher’s Competencies”. International Journal of Philosophy of culture and axiology, vol VII no 1/2010.

Suherman, A (2011). “Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu Pendidikan”.

Suman, Troena, Hamidah, (2001). “Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada lembaga keuangan syariah Baituk Maal Wat tamwil”. Universitas Brawijaya

Suwarni, (2009). “Pengaruh Budaya Organisasi, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Pelaksanaan Fungsi Pengawasan terhadap Kinerja Guru-guru Ekonomi SLTA di Kota dan Kabupaten Blitar”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Wagiran, (2012). “Kepuasan mahasiswa jurusan pendidikan teknik mesin terhadap layanan akademik dan non akademik”. Laporan Penelitian, Fakultas Teknik UNY 2012

Wijayanto, (2001). “Tingkat kepuasan siswa terhadap peranan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di sekolah”. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Wirda dan Azra (2007). “Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan Politenik Negri Padang”.

Yahmin, M. (2009). Manajemen Pembelajaran kelas, (strategi meningkatkan mutu pembelajaran). Jakarta.: Gaung Persada.

Zamroni. 2003. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Bigraf Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.