Analisis Pengaruh Health Culture, Health Awarness, dan Product Perception Terhadap Buying Decision Produk Kondom Pria Golongan Dewasa Muda di Surabaya

Ham Wijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Golongan dewasa muda adalah golongan pada usia yang memiliki tingkat nafsu yang paling tinggi. Bahaya yang dimulai dengan kehamilan yang tidak diinginkan hingga berujung pada aborsi yang dapat menyebabkan kematian hingga penyakit menular seksual yang merusak metabolisme tubuh sehingga menyebabkan kematian, Dengan adanya bahaya tersebut banyak orang yang tidak menggunakan kondom dalam berhubungan sehingga berakibat peningkatan kehamilan dan kematian karena PMS(penyakit menular seksual). Kenyataannya adalah para golongan dewasa muda ini tidak menghiraukan bahaya-bahaya tersebut sehingga mereka tidak menggunakan kondom dalam berhubungan. Penelitian ini di lakukan di Surabaya. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya kesehatan individu, kesadaran akan kesehatan yang mereka miliki, serta persepsi terhadap produk kondom yang mereka miliki sehingga melakukan pembelian pada produk kondom pria, Penelitian yang dilakukan di Surabaya ini adalah kuantitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berdasarkan kuisioner yang memberikan pemikiran dari responden. Hasilnya menunjukkan bahwa budaya kesehatan dan kesadaran akan kesehatan tidaklah selalu mempengaruhi pembelian. Tetapi persepsi yang mereka miliki berpengaruh terhadap keputusan mereka dalam membeli produk kondom pria. Langkah yang harus diambil oleh pemasar produk kondom adalah penanaman persepsi secara positif di berbagai kalangan di Indonesia, khususnya di Surabaya.

 

Kata Kunci : Pengaruh, kondom, golongan dewasa muda, Surabaya


Full Text:

PDF

References


Asmarawati, T. 2010. “Abortus dan Permasalahannya di Indonesia”. Jurnal Pelita. Vol.2.hal 3-4.

Basuki, et.al. 2002. “Reason For Not Using Condoms Among Female Sex Workers in Indonesia. Journal of AIDS Education and Prevention”. Vol.5. hal 103-104.

Cahyono, R., & Fatimah, D. 2013. “Pemenuhan Aspek-aspek Kepuasan Perkawinan pada Remaja Perempuan yang Mengalami Kehamilan Pra-Nikah”. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol.2.hal 1-2.

Chandani, et.al. 2006. “Unravelling the Factors Behind The Growth of The Indonesian Family Planning Private Sector”. Journal of United States Agency International Development(USAID). Vol.2. hal 3.

Cooper, D.dan Schindler, P. S. 2006, Marketing Research., McGraw Hill Companies Inc., New York.

Evans, et.al. 2011. “Brand Equity and Willingness To Pay For Condoms”. Journal of Reproductive Health. Vol.8.hal 3.

Florence , C,. 2012. “Reported Condom Use in Students Enrolled in a Personal Health and Wellness Course”. Terre Haute, Indiana : Indiana State University.

Ikawati, A. 2013. “ Kekerasan Ibu Single Parents Terhadap Anak Mempengaruhi Perkembangan Budaya Seks Bebas”. Jurnal Psikologi. Vol.3. hal 5-6.

Joos, K.E., & Picca, L. H, 2009. “The Great Condom Adventure : Analyzing College Student’s Narratives of Buying Condoms”. Journal of Sociological Research. Vol.1. hal 2.

Khunga, et.al. 2012. “Quality Analysis of Male Latex Condoms Available in Private and

Publi Facilities in Lusaka, Zambia”. Medical Journal of Zambia. Vol.39. hal 37-38.

Lubis, et.al, 2007. “Pengetahuan Remaja Pria dalam Mencegah Kehamilan di Desa Pantai, Sumatera Utara”. Jurnal Harmoni Sosial. Vol.1. hal 7.

Philip Kotler , 1997; Dasar-Dasar Pemasaran – Principles of marketing, edisi VII, Jakarta.

Ravichandran, N. 2012. “Distribution Of Condoms : Consumer’s Perception & Marketing Perspective”. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research. Vol.1, hal 156.

Saifuddin, B.A. 2006. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan

Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.

Sedyaningsih, Endang. R. 2010. Perempuan-perempuan Keramat Tunggak. Jakarta, Kepustakaan Populer Gramedia. Edisi 1.

Silvia. 2009. “Netralisasi Perilaku Seks Bebas Pada Perempuan Dewasa Muda”. Jurnal Kriminologi Indonesia. Vol. V, hal 4.

Sudarma, Momon. 2008. Sosiologi untuk Kesehatan. Salemba Medika. Jakarta.

Sugiyono, 2008, ”Metode Penelitian Bisnis,” Edisi keduabelas, Penerbit Alfabeta, Bandung.

WHO. 1986. The Otta Wa Charter For Health Promotion.

Zuhdi, S., & Syarif , R., & Husen. 2013. “Analisis Strategi Sosial Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kondom”. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. Vol.1.hal 2-3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.