Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Pemberdayaan Karyawan Melalui Pembelajaran Organisasi

Yurui Yurui(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini, organisasi harus ditata dengan baik dalam menghadapi persaingan yang ada disekitarnya. Dalam kondisi tersebut, pemimpin tidak memiliki kesempatan yang cukup untuk mengatur para guru. Para guru dapat memenuhi kewajibannya dengan baik ketika para guru memiliki keahlian, pengetahuan dan kemampuan. Alat untuk membantu pemimpin dalam kasus ini adalah proes pemberdayaan. Organisasi pembelajaran menjadi peran yang penting juga dalam kondisi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap pemberdayaan karyawan melalui organisasi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kristen Petra 1 Surabaya, dengan sampel 65 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik penyebaran kuesioner tentang gaya kepemimpinan (demokratis, autokratis, birokratis dan leissez faire) yang dominan digunakan pada organisasi, organisasi pembelajaran dan pemberdayaan karyawan dengan menggunakan skala Likert (1-5), dan dianalisa dengan menggunakan PLS. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, autokratis dan leissez faire terhadap organisasi pembelajaran. Disamping itu, Gaya kepemimpinan birokratis dan leissez faire memilki pengaruh terhadap pemberdayaan karyawan, serta organisasi pembelajaran memiliki pengaruh yang positif terhadap pemberdayaan karyawan.

 

Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, pemberdayaan karyawan, dan pembelajaran organisasi


Full Text:

PDF

References


Bass, B.M, Avolio, B.J., Jung, D.I, & Berson, Y. (2003). Predicting Unit Performance by Assessing Transformational andTransactional Leadership. American Psychological Association, Inc.

Bass. B. M., (1997). Does the transactional – transformational leadership Paradigm transcend Organizational and National Boundaries ? American Psychologist. Copyright 1997 by the American Psychologist Association, Inc.

Bass, B. M. (2000). The Future of Leadership in Learning Organizations. Journal of Leadership & Organizational Studies, 7(3), 18-40.

Bass, B. M. (1985). Leadership and performance beyond expectations.New York: Free Press.

Bass B. M. (1990). Bass and Stogdill's handbook of leadership: theory research and managerial applications 3rd edition. NY: Free Press.

Bass, B. M. (1999). Transformational leadership: Individual, military and educational impact. Mahwah, NJ: Erlbaum.

Cacciope, R. 1998. “Structured empowerment: an awardwinning program at The Brunswood Resort”. Leadership and Organization Development Journal. 19:5:264-74.

Garvin, D.A. (1993). Building a Learning Organization. Harvard Business Review, July-August, 78–91.

Garvin, D.A. Building a Learning Organization, Harvard Business Review, 71, no.4 (JulyAugust1993): 7891.

Hanna. K., Hilia. P., Lazarowithz. Hertz., Rachel. (2010). Leadership style and organizational learning: the mediate effect of school vision. Journal of Educational Administration48.1 (2010): 7-30

Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Kartono, Kartini. 1992. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Pasal 20 (a) Tentang Guru dan Dosen.

Kline, P. & Saunders, B. (1998). Ten steps to a learning organization. (2nd ed.). Arlington, VA: Great Oceans Publishers.

Michael. A. (2010). Leadership style and organizational impact. Retrieved from: http/ www.ala- apa.org.

Mishra, A.; Spreitzer (1997) Gretchenm, survivor responses to downsizing: the MitigatingEffect of Trust and empowerment, Southern California Studies Center

Mishra, A.K.; Spreitzer, G.M. (1998) Explaining how survivors respond to downsizing: The role of trust, empowerment, justice, and work redesign, Academy of management Review, 23 (3): 568-588

Ngodo O.E (2008). Procedural justice and trust: The link in the transformational leadership-organisational outcomes relationship. Int. J. Lead. Stud., 4(1), 82-100.

Spreitzer, G.M. 1995. Psychological Empowerment in the Workplace: dimentions, Measurement, and Validation,Academy of Managemen Journal, 38(5): pp.1442–1465.

Spreitzer, G. M, (1995). "Psychological empowerment in the workplace: Dimensions, measurement, and validation." Academy of Management Journal 38(5): pp. 1442- 1465

Stoner, James A.F.( 1996) Management, Third Edition. Prentice-Hall Internationa, Inc. Englewood . Clllips. New Jersey

Therin, F. (2003). Learning Organization and Innovation Performance in High-Tech Small Firms. rahim.bah@esc-grenoble.fr.

Tracey,J.B; Tannenbaum,I.S; & Kavanagh, J.M.(1995). Applying Trained Skills on the Job; The importance of the work environment.Journal of Applied Psychology, 80 (2), 239 – 252.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.