Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan

Michael Hernomo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perusahaan sebagai sebuah entitas ekonomi lazimnya memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Pada jangka panjang, tujuan perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2009 – 2013. Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Asset (ROA), leverage diukur dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), kebijakan dividen diukur dengan menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR), dan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Price to Book Value (PBV). Sampel pada penelitian ini terdiri dari 33 perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2009 sampai dengan 2013. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA, DER, dan DPR memiliki pengaruh terhadap PBV.

 

Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, dan Nilai Perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Analisa, Y. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap nilai perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2006-2008). Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Brigham, E.F. and L.C. Gapenski. (2006). Intermediate Financial Management. 7th edition. SeaHarbor Drive: The Dryden Press.

Brigham, E.F. and Houston, J.F. (2007). Fundamentals of Financial Management. 11th Edition. South-Western.

Gultom, C.M., dan Syarif, F. (2009). Pengaruh Kebijakan Leverage, Kebijakan Deviden, dan Earning Per Share Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi 47.

Hanafi, M., dan Halim, A. (2010). Analisis Kritis Laporan Keuangan. Yogyakarta : UPP-AMPYKPN.

Herawati, T. (2013). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Ikbal, Muhammad, Sutrisno, dan Djamhuri, A. (2011). Pengaruh Profitabilitas dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Utang dan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening. (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi XIV : Aceh.

Salvatore, D. (2005). Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Jakarta : Salemba Empat.

Solihah, E. dan Taswan. (2002). Pengaruh Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan serta Beberapa Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. September 2002.

Sudana. I Made. 2011. Manajemen Keuangan: Teori dan Praktek. Surabaya : Airlangga University Press.

Sugiono, A. (2009). Manajemen Keuangan untuk Praktisi Keuangan. Jakarta : Grasindo.

Susanti, R. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Tandelilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta : PT. BPFE.

Weston, J.F. dan Copeland, T.E. (1996). Manajemen Keuangan. Edisi 8. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.