Pengaruh Pemberian Kompensasi Finansial Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Motivasi dan Loyalitas Karyawan di Perusahaan Manufaktur di Surabaya

Yuliana Gunawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemberian kompensasi finansial langsung dan finansial tidak langsung terhadap motivasi kerja dan loyalitas karyawan di Perusahaan Manufaktur di Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kausal, dimana teknik analisa data dengan menggunakan structural equation model. Temuan dalam penelitian ini yaitu: Pemberian Kompensasi Finansial langsung terhadap motivasi kerja adalah terbukti, Pemberian Kompensasi Finansial tidak langsung terhadap motivasi kerja adalah tidak terbukti, Pemberian Kompensasi Finansial langsung terhadap Loyalitas karyawan adalah terbukti, Pemberian Kompensasi Finansial tidak langsung terhadap motivasi kerja adalah terbukti, Pengaruh motivasi kerja terhadap loyalitas karyawan adalah terbukti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara variabel-variabel tersebut.

 

Kata Kunci: Kompensasi Finansial Langsung, Kompensasi Finansial Tidak Langsung, Motivasi Kerja, Loyalitas.


Full Text:

PDF

References


Aamir, Alamzeb, et al. (2012). Compensation Methods and Employees’ Motivation(With Reference to Employees of National Commercial Bank Riyadh). International Journal of Human Resource Studies, Vol. 2, No. 3.

Badan Pusat Statistik. (2011). Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia.

Calista L (2009). Motivating employees through incentive program. Manpower,vol.18,3.

David W (2002).Compensation system.Journal of human resource, Vol.30, 23-24.

Dessler, Gary. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.

Ghozali, Imam, & Fuad. (2005). Structural equation modeling: Teori, konsep, dan aplikasi dengan lisrel 8.54. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu SP. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Iqlima, Dewi S., Widyastuti, Endang. (2008). Loyalitas Karyawan Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3).

Kuncoro M, 2003, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi; Bagaimana Meneliti dan Menulis tesis?. Jakarta: Erlangga

Liman AD dan R samodrawan, 2006, Penggunaan Service quality perceptions dalam mengukur patient satisfaction pada Layanan perawat di HCOS International Hospital di Surabaya. Skripsi: Universitas Kristen Petra.

Luthan, Fred. 2002. Organizational Behavior. 9th Edition. Mc Graw Hill. New York.

Maharani Dwi Ratnasari, Ni Made. (2013). “Pengaruh Insentif terhadap Loyalitas Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT. SIER Persero, Surabaya)”, Articles Vol 2. No 2 : Juni.

Martiwi, Rukmi T., Triyono, Mardalis, Ahmad. (2012). Faktor-faktor Penentu yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja Karyawan.

Mathis Robert, Jackson. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Misra, Pooja., Rana, Neeti., & Dixit, Varsha. (2012) Compensation: impact of rewards, Organisational justice on job satisfaction and turnover intentions inretail store operations – A study of Delhi and NCR. Proceedings of the International Conference on Business Management & Information Systems,2012.

Morgan SL dan C Winship, 2007, Causality and Statistical Learning. JS Volume 117 Number 3 (November 2011): 955–966

Nawawi, H. Hadari. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nitisemito, S. Alex., 1991, Manajemen Personalia : Manajemen Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia, Jakarta Timur.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Omar, Maznah W., Jusoff, Kamaruzaman, Hussin, Harniyati. (2010). Employee Motivation and its Impact on Employee Loyalty. World Applied Sciences Journal 8 (7): 871-873.

Poerwadarminta, WJS., 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Rachmawati, Ike Kusdyah. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. ANDI.Yogyakarta:

Rivai Veithzal, Sagala Ella Jauvani. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Saydam, Gouzali., 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management) : Suatu Pendekatan Mikro (Dalam Tanya Jawab), Djambatan, Jakarta.

Setiyoningsih, Erlin. (2011). Pengaruh Motivasi, Kemampuan, dan Kinerja Karyawan terhadap Kepuasan Kerja dengan Kompensasi sebagai Variabel Moderator.

Solimun, 2007, Memahami Metode Kuantitatif Mutakhir Structural Equation Modeling & Partial Least Square.Program Studi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya Malang.

Spector, P. E. (2006). Industrial and organisational psychology: Research and practice. Australia: John Wiley & Sons.

Steers, R.M dan Porter, L. W. 1983. Motivational and Work Behavior. New york : Mc Graw hill Book Company.

Tanjung, Andri. (2005). Pengaruh Kompensasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan bagian Personalia PT. Agronesia Divisi Industri Makanan dan Minuman Bandung.

Trivellas, Panagiotis., Kakkos, Nikos. dan Reklitis, Panagiotis. (2010). Investigating the impact of motivation on loyalty and performance intentions in the Greek banking sector. 7th International Conference on Enterprise Systems, Accounting and Logistics (7th ICESAL 2010) 28-29 June 2010, Rhodes, Greece.

Vroom, V. H. (1964). Work and Motivation. New York : Wiley and Sons.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yani, H.M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.