Analisis Keinginan Pembelian Properti Tempat Tinggal Tipe Menengah di Kota Surabaya

Kristian Gunawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada kota yang harga properti residensialnya naik signifikan pada dekade terakhir (menurut data statistik Bank Indonesia) dan menggunakan sampel penelitian sebanyak 100 responden dimana penyebarannya dilakukan diseluruh bagian kota Surabaya. Hasil dari jawaban responden dianalisis melalui dua tahap menggunakan program SmartPLS, dimana analisis pertama pengaruh yang terdiri dari persepsi fisik properti, persepsi harga, persepsi lokasi, persepsi fasilitas, dan persepsi promosi terhadap keinginan pembelian. Dari hasil analisis, diperoleh persepsi mengenai lokasi tidak memiliki pengaruh langsung terhadap keinginan pembelian. Tahap kedua dilakukan melalui moderasi pendapatan untuk setiap variabel terhadap keinginan pembelian. Dari hasil analisis kedua, didapatkan pendapatan berperan dalam memperkuat hubungan kelima persepsi terhadap keinginan pembelian dengan urutan pengaruh terbesarnya persepsi harga, persepsi promosi, persepsi fasilitas, persepsi fisik properti dan persepsi lokasi.

 

Kata kunci :         fisik properti, harga, lokasi, fasilitas, promosi, keinginan pembelian.

 


Full Text:

PDF

References


Bello, M.O. dan Bello, V.A. (2007). The Influence of Consumers Behavior on the Variables Determining Residential Property Values in Lagos, Nigeria. American Journal of Appiled Sciences, 4(10), 774-778

Djaja, Sutrisno (2010). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan dalam Studi Pembelian Rumah Tipe 36 di kota Jember.

Eagly, A. H. & Chaiken, S. (1993). The Psychology of Attitudes. Fort Worth, TX:

Harcourt Brace Jovanovitch.

Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992). Research Methods for Business and Management.

New York: MacMilan Pub Co.

Ghozali, Imam (2008). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hamid, Abdul, et al. (2012) A Conjoint Analysis of Buyer’s Preferences for Residential Property. International Real Estate Review, 15(1), 73-105.

Iman, N., Ahmad, S., & Ahmadreza, V. (2012). Housing valuation model: An investigation of residential properties in Tehran. International Journal of Housing Markets and Analysis, 5(1), 20-40.

Kasali, Rhenald (1992). Manajemen Periklanan Konsep dan aplikasinya di Indonesia.

Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kaynak, E. dan Yavas, U. (1992). Cross-Cultural Study Of Home Buying Behavior : Single-Detached Home Buyers In Indiana And Nova Scotia. Management Research News, 5(1), 3-11.

Kotler, P. (1998). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan

Pengendalian . 2nd Edition. Jakarta : Prenhalindo.

Kotler, P. (2003). Marketing Management. 11th Edition. New Jersey: Prentice Hall Int’l.

Mateja, K. K., & Irena, V. (2009). A strategic household purchase: Consumer house buying behavior. Managing Global Transitions, 7(1), 75-96.

Muellabuer, John (2007). Housing, Credit and Consumer Expenditure. International Real Estate Review, 5(1), 267-325.

Nugroho, Setiadi (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta : Prenada Media.

Opoku, Robert dan Abdul-Muhmin, Alhassan (2010). House Preferences and Attribute Importance Among Low-Income Consumers in Saudi Arabia. Habitat International, 34, 219-227.

Primananda, Agustinus (2010). Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Membeli Rumah Studi Kasus di Perumahan Bukit Semarang Baru, Semarang.

Purnomo, Serfianto D., Hariyani, Iswi dan Yustisia, Cita (2007). Kitab Hukum Bisnis Properti. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ratchatakulpat, T., Miller, P. dan Marchant, T. (2009). Residential Real Estate Purchase Decisions in Australia : Is It More Than Location? International Real Estate Review, 12(3), 237-294.

Rossini, P. (1998) Assessing Buyer Search Behavior for Residential House Purchases in Adelaide. Social and Behavioral Sciences, 23, 265-292.

Santoso, Singgih dan Tjiptono, Fandy (2002). Riset Pemasaran : Konsep dan Aplikasi

dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sari Listyorini (2010). Analisis Faktor Gaya Hidup Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sehat Sederhana di Semarang.

Scarrett, D. (2002). Property Asset Management. New York: Taylor & Francis.

Selim, Sibel (2008). Determinants of The House Price in Turkey : A Hedonic Regression Model. Dogus Universitesi Dergisi, 9(1), 65-76.

Sri Murwanti (2010). Perilaku Konsumen Dalam Memilih Perumahan Pada Perumahan Cipta Laras Bulusulur Wonogiri.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kaulitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.