Dampak Teknologi Informasi, Harga, Trust dan Layanan Akademik Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen

Bambang Djatmiko(1*), Hatane Samuel(2), Hartono Subagyo(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses penerimaan mahasiswa baru bagi perguruan tinggi adalah rutinitas tahunan. Calon mahasiswa berusaha mencari universitas terbaik yang dapat mendukung pendidikan, aktualiasi diri dan karirnya di masa depan. Bagi perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi yang baru terdaftar maupun yang bertaraf internasional atau bahkan hanya bertarif internasional berlomba-lomba untuk mencari calon mahasiswa. Kompetisi di bidang usaha semakin ketat, perusahaan dituntut harus mampu bertahan dalam persaingan yang ada melalui meningkatkan kualitas produk dan jasa, mempertahankan konsumennya, proses lebih cepat, pelayanan yang lebih baik dan empati yang tinggi kepada konsumen. Informasi layanan produk atau jasa juga merupakan hal yang penting, sebab informasi layanan produk atau jasa berpengaruh terhadap reputasi dan kepuasan konsumen. Pada akhirnya reputasi dan kepuasan akan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknologi Informasi, Trust, persepsi Harga dan layanan Akademik terhadap Kepuasan mahaiswa sehingga bersedia melakukan Word of Mouth. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling, dan dari hasil survey diperoleh sample sebanyak 507 data dan software untuk analisis penelitan ini adalah SmartPls.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Reputasi berpengaruh terhadap Trust, 2)Harga tidak berpengaruh terhadap Kepuasan, 3) Sistem Informasi Web dan Kualitas Infomasi Web berpengaruh terhadap Kepuasan, 4) Layanan Akademik berpengaruh terhadap Kepuasan, 5) Trust tidak berpengaruh terhadap Kepuasan, 6) Trust berpengaruh terhadap WoM, 7) Kepuasan berpengaruh terhadap WoM

Implikasi praktisnya adalah Universitas Kristen petra harus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan terutama bagi unit yang berinteraksi langsung dengan mahasiswa supaya mahasiswa merasa puas. Implikasi berikutnya dengan mengoptimalkan teknologi informasi yang ada supaya layanan melalui Web mempunyai sistem dan kualitas yang baik. Dan yang terakhir adalah mempertahankan dan meningkatkan prestasi Universitas Kristen Petra, yaitu melalui perolehan nilai akreditasi yang tinggi dan mendapatkan ISO untuk setiap unit yang. Tidak kalah pentingnya adalah tetap menjalin dengan SMA mitra dan saling berkomunikasi supaya prestasi atau reputasi yang diperoleh oleh Universitas Kristen Petra diketahui oleh para SMA mitra.

Full Text:

PDF

References


Anderson, E., & Weitz, B. (1989). Determinants of Continuity in Conventional Industrial Channel Dyads. Marketing Science, 8(4), 310.

Dick, Alan, Dipankar Chakravarti and Gabriel Biehal (1990), Memory Based Inference during Cunsumer Choice, Journal of Consumer Research, Volume 17

Gefen, David (2002),”Customer Loyalty in E-Commerce,”Journal of the Association for Information Systems, Volume 3

Giddens, Nancy; Hofmann, Amanda. (2002). Brand Loyalty. Iowa State University. Working paper.(C5-54).

Goodman, John. 2005. Treating Your Customers as Your Media Reps.www.brandweek.com

Hermanto, Ken, 2006 “ Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Komitmen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen”, ”, Tesis Pasca Sarjana, Magister Manajemen Universitas Diponegor, Semarang

Heskett, J.L., Jones, T.O., Loveman, G.W., Sasser, W.E., & Schlesinger, L.A. (2008). Putting the Service-Profit Chain to Work. Harvard Business Review, July-August. Retrieved from http://hbr.org

James O’brien. 2006. Introduction to information systems, 12th ed. Edisi Indonesia.Jakarta. McGraw-Hill Irwin, Salemba Empat.

Jones, Thomas O and W. Earl Sasser, Jr, 1995, “Why Satisfied Customer Defect”, Jurnal Harvard Business Review, Vol. 73, No. 6, November- Desember 1995.

Kandampully, J, and D Suhartanto. 2000. Customer loyalty in the hotel industry: the role of customer satisfaction and image. International Journal of Contemporary Hospitality Management 12 (6): 346-51.

Kertajaya, Hermawan, 2006. Hermawan Kertajaya Seri 9 Elemen Marketing on Service. Markplus&Co.

Kertajaya, Hermawan. 1999. Marketing Plus : Siasat Memenangkan Persaingan

Kotler, P. (2000); Marketing Management, Analysis, Planning and Control, New Delhi: Prentice-Hall Ltd.

Lovelock. CH, 2001, Service Marketing, People, Technology, Strategy 4th ed, Prentice Hall Upper Sadle River, NJ

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat: Jakarta.

Maulana, Amalia E. 2005. ”Membentuk Loyalitas Konsumen.”. Majalah Swa (2007).

Morgan, Robert M. & Hunt, Shelby D. 1994. The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of Marketing, 58, 20-38

Myers, M.D. “Qualitatif Research in Informatioa Systems,” MIS Quarterly (21:2), 1997 June, hal 2.41- 242.

Novel, 2006, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pembeli dan Loyalitas Pembeli Dalam Meningkatkan Minat Membeli Ulang”, Tesis Pasca Sarjana, Magister Manajemen Universitas Diponegor, Semarang.

Peter, J. Paul. dan Jerry, C. Olson. 2000. Consumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran; alih bahasa, Sihombing, Damos. Erlangga. Yakarta.

Tjiptono, Fandy 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset Yamane, T. 1967. Elementary sampling theory. Prentice-Hall Inc. Englewood Cliffs.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.