Analisis Perbedaan Pemilihan Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Kelompok Sedan, Jeep, Station Wagon dan Sejenisnya dengan Kelompok Truck, Pick Up dan Sejenisnya di Surabaya Selatan Tahun 2008 – 2011

Redo Adrianto(1*), Danny Wibowo(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan pemilihan warna tanda nomor kendaraan bermotor pada unit kendaraan sedan, jeep, station wagon dan sejenisnya dan truck, pick up dan sejenisnya dari tahun 2008 - 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur dan Samsat Surabaya Selatan.Alat statistik yang digunakan adalah Chi Square dan diperoleh hasil penelitian bahwa pada tahun 2008 – 2010 terdapat perbedaan dalam memilih warna tanda nomor kendaraan bermotor dan tahun 2011 tidak terdapat perbedaan dalam memilih warna tanda nomor kendaraan bermotor. Tidak adanya perbedaan tersebut karena adanya pemberlakuan tarif pajak kendaraan progresif (Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010).

The purpose of this research was to analyze the differences in the color selection of license plate in vehicle unit of sedan, jeeps, station wagons and alike and trucks, pick up and alike from 2008 - 2011. The data used were obtained from Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur and Samsat Surabaya Selatan. The statistic tool used was Chi Square and the research obtained that between 2008 – 2010 there was difference in choosing the colour of license plate and in 2011 there was no difference in choosing the colour of license plate. The indifference appeared because of the progressive vehicle tax rates (Regional Regulation No 9 of 2010)


Keywords


warna tanda nomor kendaraan bermotor; pajak kendaraan progresif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.