IMPLEMENTASI MODUL MATERIAL MANAGEMENT DAN MODUL FINANCE SAP PADA ENTERPRISE CENTRAL COMPONENT SIKLUS PEMBELIAN DI PT ”X”

Debora Kurniasari Wijaya(1*), Arja Sadjiarto(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


SAP adalah sistem ERP yang merupakan serangkaian subsistem yang berjalan secara  real-time dan saling berhubungan antar modul, di mana hal ini dapat mencegah duplikasi data antara subsistem yang satu dengan yang lain.Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisa implementasi modul Material Management (MM) dan modul Finance (FI) SAP ECC pada siklus pembelian di PT. “X”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif berupa studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siklus pembelian yang diterapkan oleh SAP di PT “X”, modul MM dan FI yang saling terintegrasi, dapat mempermudah dalam menangani proses bisnis di PT. ”X”. Dimulai dengan proses pembelian barang, barang yang dipermudah dengan MRP pada SAP, penerimaan barang, pemindahan barang, sampai pada sistem pembayaran. Kelemahannya, setiap pengguna SAP harus bisa mengoperasikan SAP, sehingga pengguna perlu ditraining supaya proses bisnis dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang akurat.  Kelemahan lainnya, PT.”X” mempunyai plant yang berbeda wilayah, masih menggunakan one way authentication. Sehingga perlu menggunakan two way authentication dalam melakukan pergerakan material dari satu plant ke plant lainnya.


Keywords


Siklus Pembelian, Modul Material Management (MM), Modul Financial (FI), Sistem SAP

Full Text:

PDF

References


Alikhani, Hosein., Noushin, A., &Mahdi, M. (2013). Accounting information system versus management information system. European Online Journal of Natural and Social Sciences; vol.2, No. 3(s), pp. 359-366.

Bodnar, H. G. dan Hopwood, W. (2012). Accounting informationsystems, 11th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

http://help.sap.com/ http://www.saponlinetutorials.com

Jones, F. L., dan Rama, D. V. (2008). Accounting Information System: ABusiness Process Approach. Canada: Southwestern CollegePublishing

Jones, Peter and John Burger (2009). Configuring SAP® ERP Financials and Controlling. Wiley Publishing, Inc.

Kasih, Febio Odita Langgeng, Lenyana and Ditha Firanni Darlingga Mangunsong. (2013). Implementasi Sap Studi Kasus: Pendekatan Common Blueprint Modul Material Management Oleh Pt. Soltius Indonesia Pada Xyz Group. Binus University.

Marshall B. Romney and Paul John Steinbart (2009). Accounting Information Systems, 11th Edition. Pearson Prentice Hall.

Mulyadi (2008). Sistem Akuntansi (3rd ed). Jakarta: Salemba Empat

Ornella Aquaria, Go. (2004). Pembuatan Sistem Informasi Akuntansi Terkomputerisasi Atas Siklus Pembelian Dan Penjualan Pada CV.X.(TA No. 02000203/INF/2004). Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Padhi, S. N. (2011). SAP®ERP Financialsand FICOHandbook, Jones and Barlett Publishers, LLC.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Erlangga.

Simkin, Mark G., et (2012). Core Concept of Accounting Information Systems, 12th Edition.John Wiley & Sons, INC.

Weske, Mathias (2012). Bussines Process Management: Concept, Langguages Architecture. Springer Science & Business Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.