PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013

Fenny Winata(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate governance terhadap aktivitas tax avoidance pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013. Sampel Penelitian ini adalah perusahaan yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 sebanyak 234 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis data dan analisis regresi dari elemen-elemen corporate governance dan tax avoidance.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proksi corporate governance yaitu prosentase dewan komisaris independen dan jumlah komite audit berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas tax avoidance yang diproksikan dengan book tax gap. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa aktivitas tax avoidance tidak dipengaruhi secara signifikan oleh kepemilikan institusional, dan kualitas audit. Keterbatasan penelitian ini adalah menggunakan perusahaan yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara keseluruhan sebagai objek penelitian, sehingga hasil penelitian tidak dapat ditarik kesimpulannya untuk setiap sektor industri karena tiap sektor industri memiliki kekhasan yang berbeda-beda.

Keywords


corporate governance, tax avoidance, book tax gap

Full Text:

PDF

References


Annisa, N. A. dan Kurniasih, L., (2012), Pengaruh Corporate Governance terhadap Tax Avoidance, Jurnal Akuntansi dan Auditing, Vol. 8, No. 2, Mei: 123-132.

Armstrong, Christopher S., Blouin, J.L., Jagolinzer, Alan D., dan Larcker, David F. (2012). Corporate Governance, Incentives, and Tax Avoidance. Inggris : Stanford University.

Budiman, J. Dan Setiyono. (2012). Pengaruh Karakter Eksekutif terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance). Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin.

Bovi, Maurizio. 2005. Book-Tax Gap, An Income Horse Race. Working Paper No. 61, Desember 2005.

Daniri, M. A., 2005, Good Corporate Governance dalam Konsep dan Penerapannya dalam konteks di Indonesia (1st ed.). Jakarta: Ray Indonesia.

Darmawanti, Deni. 2006. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Faktor Regulasi Terhadap Kualitas Implementasi Corporate Governance. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang

Darussalam, dan D. Septriadi, 2009, Tax Avoidance, Tax Planning, Tax Evasion, dan Anti Avoidance Rule, (htpp://www.ortax.org.com, diunduh 17 Agustus 2013).

De Angelo, L. E., 1981, Auditor Size and Audit Quality, Journal of Accounting and Economics. Vol. 3, No. 3, Juli:183-199.

Desai, M. A. dan Dharmapala, Dhammika. (2007). Corporate Tax Avoidance and Firm Value. Journal of Financial economics.

Desai, M. A. dan Dharmapala, Dhammika. (2007). Corporate Tax Avoidance and High-Powered Incentives. Journal of Financial economics, 79, 145-179.

Dewi, Kristiana. 2014. Pengaruh Karakter Eksekutif, Karakteristik Perusahaan, Dan Dimensi Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Pada Tax Avoidance Di Bursa Efek Indonesia . Universitas Udayana. Bali.

Forum for Corporate Governance Indonesia, “Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance),” dalam Good Corporate Governance Konsep dan Implementasi Perusahaan Publik dan Korporasi Indonesia (Jakarta, Forum for Corporate Governance in Indonesia, 2002).

Forum for Corporate Governance Indonesia. Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan). Edisi ke-2. Jakarta

Friese, A, S. Link, dan S. Mayer. 2006. Taxation and Corporate Governance. Working Paper.

Gedajlovic, E., D. Shapiro & B. Buduru. (2003) . Financial Ownership, Diversification and Firm Profitability in Japan. Journal of Management and Governance, 7:315-335.

Ghozali, Imam. 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4th ed.). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haruman, tendi. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan Survey Pada Perusahaan Manufaktur di PT. Bursa Efek Indonesia. SNA XI : Ikatan Akuntan Indonesia.

Institute For Economic and Financial Research, (2013), Indonesian Capital Market Directory 2013, Jakarta

Irawan, H. P. & Farahmita, A., 2012. Pengaruh Kompensasi Manajemen dan Corporate Governance Terhadap Manajemen Pajak Perusahaan.

Jensen, M. C., W. H. Meckling. 1976. Theory of The Firm : Manajerial Behaviour, Agency Cost, and Ownership Structure. Journal of Financial and Economics, 3, 305-360.

Kurniasih, T. dan Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh Return on Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Kompensasi Rugi Fiskal pada Tax Avoidance. Buletin Studi Ekonomi, 18 (1), 58-66.

Luayyi, S., 2010. Teori Keagenan dan Manajemen Laba dari Sudut Pandang Etika Manajer. EL-MUHASABA Vol 1 No.2.

Masdupi, Erni. (2005). Analisis Dampak Struktur Kepemilikan pada Kebijakan Hutang dalam Mengontrol Konflik Keagenan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 7(1), 15-24.

Meilinda, M., 2013, Pengaruh Corporate Governance terhadap Manajemen Pajak, Skripsi Dipublikasikan, Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Organization for Economic Co-operation and Development, 2004, OECD Principles of Corporate Governance, (http://www.oecd.org, diunduh 18 September 2014).

Permanasari, Wien Ika. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Semarang : Universitas Diponegoro.

Pohan, H. T. 2008. Pengaruh Good Corporate Governance, Rasio Tobin’s q, Perata Laba terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Publik. Retrieved July 18, 2013, from http://hotmanpohan.blogspot.com

Sartori, Nicola. 2010. Effect of Strategic Tax Behaviors on Corporate Governance. www.ssrn.com

Scott, William R. 2000. Financial Accounting Theory : 6th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Siallagan, Hamongan dan Machfoedz, Mas’ud. (2006). Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang.

Suandy, Erly. (2008). Perencanaan Pajak (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sujoko, 2009. Good Corporate Governace dan Kebijakan Keuangan Perusahaan. Surabaya : Untag Press

Sunarto, 2009. Teori Keagenan dan Manajemen Laba. Kajian Akuntansi, pp.13-28.

Surya, Indra dan Yustiavandana, Ivan. (2006). Penerapan Good Corporate Governance Mengesampingkan Hak-hak Istimewa Demi Kelangsungan Usaha. Jakarta : Kencana.

The Indonesian Institute for Corporate Governance. 2006. www.iicg.org

Ujiyantho dan Pramuka. (2007). Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan go public Sektor Manufaktur). Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007

Uppal J.S. 2005. Kasus Penghindaran Pajak Di Indonesia. Economic Review Journal, 201.

Zarkasyi, Wahyudin. 2008. Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Manufaktur, Perbankan, dan Jasa Keuangan Lainnya (1st ed.). Bandung. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.