ANALISIS VARIASI KEPUTUSAN BANDING MENGENAI SENGKETA FAKTUR PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PERIODE 2009-2013

Chyntia Angeline(1*), Raden Arja Sadjiarto(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variasi putusan banding mengenai Faktur Pajak Pertambahan Nilai. Analisis dilakukan berdasarkan pokok sengketa dan peraturan-peraturan yang digunakan dalam persidangan. Tipe penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Penelitian ini menganalisa 45 putusan sengketa pada tahun 2012 sampai 2014 dengan tahun pajak putusan 2004-2010. Dari 45 putusan tersebut peneliti mengklasifikasikan berdasarkan pokok sengketa dan dari klasifikasi tersebut peneliti menganalisi peraturan yang paling banyak dipakai pada tiap klasifikasi. Hasil penelitian ini terdapat 5 klasifikasi pokok sengketa yaitu mengenai konfirmasi, 1 Faktur Pajak Cacat barang strategis, royalti, serta lain-lain. Dikabulkan ataupun tidaknya putusan tersebut diputuskan oleh Majelis berdasarkan pembuktian yang dilakukan oleh Pemohon Banding. Mengenai klasifikasi konfirmasi kasus tersebut banyak terjadi karena kelemahan yang terdapat pada Wajib Pajak yang tidak melakukan konfirmasi secara intern serta pemeriksa bisa saja melakukan pemeriksaan tidak sesuai dengan prosedur. Mengenai klasifikasi Faktur Pajak Cacat terjadi karena menurut pemeriksa tidak dicoret pada kolom tertentu merupakan bagian dari kelengkapan dari Faktur Pajak. Mengenai klasifikasi Barang Strategis terjadi karena tidak dipisahkan pembukuan bagi kegiatan yang terutang PPN dan yang tidak terutang PPN. Mengenai klasifikasi Royalti tersebut harus berhubungan langsung dengan kegiatan usaha. Mengenai klasifikasi lain-lain tersebut Wajib Pajak harus dapat memberikan bukti yang kuat serta harus berhubungan langsung dengan kegiatan usaha.

Keywords


Pajak Pertambahan Nilai, Faktur Pajak, Sengketa, Pemohon Banding, Majelis, Putusan.

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia. (2014). Bukti Audit Kompeten Dalam Pemeriksaan Pajak Dan Pembuktian Dalam Sengketa Pajak. Retrieved Desember 10, 2014, from http://www.bppk.kemenkeu.go.id/

Republik Indonesia. (2012). Kenali hak dan kewajiban anda jika diperiksa pajak. Retrieved November 26, 2014, from http://www.pajak.go.id/

Republik Indonesia. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor Kep-754/Pj./2001 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Konfirmasi Faktur Pajak Dengan Aplikasi Sistem Informasi Perpajakan.

Republik Indonesia. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 10/Pj/2010 Tentang Dokumen Tertentu Yang Kedudukannya Dipersamakan Dengan Faktur Pajak.

Republik Indonesia. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-159/Pj./2006 tentang Saat Pembuatan, Bentuk, Ukuran, Pengadaan, Tata Cara Penyampaian, Dan Tata Cara Pembetulan Faktur Pajak Standar.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/Pmk.03/2010 Tentang Tata Cara Pengajuan Dan Penyelesaian Permintaan Kembali Pajak Pertambahan Nilai Barang Bawaan Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2001 Tentang Impor dan/atau Penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu Yang Bersifat Strategis Yang Dibebaskan dari Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai.

Republik Indonesia. Putusan Pengadilan Pajak from www.setpp.depkeu.go.id

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 Sebagaimana yang Telah Diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2000 tentang Pajak Pertambahan Nilai

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2002 tentang Pengadilan Pajak

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 28 tahun 2007 dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2009 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Perubahan Keempat Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 36 tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Republik Indonesia. Undang-Undang No. 42 tahun 2009 tentang Pajak Pertambahan Nilai.

Sukarji, Untung. 2012. Pokok-Pokok Pajak Pertambahan Nilai Indonesia. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Tampubolon, Karianton. 2013. Praktek, Gugatan, dan Kasus-Kasus Pemeriksan Pajak. Jakarta : PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.