PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA VARIABEL UKURAN, DEBT RATIO, DAN SEKTOR INDUSTRI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Margaret Susanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


GCG berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena tingginya kesadaran perusahaan untuk menerapkan GCG sebagai sebuah kebutuhan, bukan sekedar kepatuhan terhadap regulasi yang ada. Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan didasarkan pada kenyataan bahwa semakin besar ukuran perusahaan, maka ada kecenderungan untuk menggunakan jumlah pinjaman yang lebih besar pula. Debt ratio dipahami sebagai penaksir dari resiko yang melekat pada suatu perusahaan, artinya debt ratio yang semakin besar menunjukkan resiko investasi yang besar pula. Penerapan GCG terhadap nilai perusahaan karena disebabkan oleh sektor industri yang berbeda-beda dan hanya fokus pada satu sektor industri saja, sehingga setiap sektor mempunyai keunikan masing-masing dari profil berbeda.

Penelitian ini dilakukan pada semua sektor industri yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 perusahaan selama 5 tahun dari 2007-2011. GCG dihitung menggunakan GCG score dengan variabel tertentu, nilai perusahaan dihitung menggunakan tobins’Q dan terdapat variabel kontrol yaitu ukuran, debt ratio, dan sektor industri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan GCG pada variabel ukuran, debt ratio, dan sektor industri terhadap nilai perusahaan. 


Keywords


GCG SCORE, Tobin’s Q, Ukuran Perusahaan, Debt Ratio, Sektor Industri

Full Text:

PDF

References


Black, B., Jang, H., Kim, W. (2003). Does Corporate Governance affect Firm Value? Evidence from Korea. Journal of Law, Economis, and Organization, 22.

Retno, A., Priantinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Nominal, 1 (1).

Siallagan, H., Machfoedz, M. (2006). Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba, dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang 23-26 Agustus 2006.

Nugraha, S. (2009). Dampak Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan Yang Termasuk Dalam Yogyakarta Islamic Index Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2004-2009. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

White. (2003). Analisis Pengaruh Pengungkapan Informasi Pertanggung jawaban Social terhadap Firm Value Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi VII, Surabaya.

Merliana, Sutrisno. (2008). Peran Praktek Corpotare Governance sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 10 (2), 97-108.

Tjager, I.N., Alijoyo, A., Djemat, H. R., dan Soembodo, B. (2003). Corporate Governance: Tatangan dan Kesempatan Bagi Komunitas Bisnis Indonesia. Jurnal Nominal, 1 (1).

Pranata, P. (2007). Income Smoothing, Tobin Q, Agency Problem, dan Kinerja Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi VII, Surabaya.

Frediawan. (2008). Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Earnings Management terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 10 (2), 97-108.

Putri. (2006). Hubungan Corporate Governance, Corporate Social Responsibilities dan Corporate Financial Performance dalam Satu Continum. Jurnal Akuntasi dan Keuangan, 11 (1), 30-41.

Lastanti. (2004). Pengaruh Corporate Social Resposibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Chtorou et al. (2001). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Perbankan, 19 (19), STIE AUB, Surakarta.

Zarkayi. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Belkaoui, Kaprik. (1989). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Faktor Regulasi terhadap Kualitas Implementasi Corporate Governance. Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.